EYD Penulisan tanda baca, huruf kapital,
bercetak miring, partikel dan artikel, kata baku dan tidak baku
4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan
ejaan, pilihan kata, keefektifan
kalimat, keterpaduan paragraf, dan
kebulatan wacana
11.1 Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan buku
melalui kegiatan membaca ekstensif
3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat
dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai
11.3 Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan
membaca cepat ± 300 kata per menit
11.2 Mengubah sajian grafik, tabel, atau bagan menjadi
uraian melalui kegiatan membaca intensif
4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat,
padat dan jelas
3.1 Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan
di surat kabar melali kegiatan membaca intensif
2.2 Melaporkan
secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas
12.3 Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah
12.1 Menulis karya tulis dengan menggunakan berbagai
sumber
12.2 Menulis teks pidato/ ceramah/ khotbah dengan
sistematika dan bahasa yang efektif
10.1 Berpidato/ berceramah/ berkhotbah dengan intonasi
yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas
7.1 Menemukan tema, latar, dan penokohan, pada cerpen-cerpen dalam satu
kumpulan cerpen
7.2 Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada
cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
13.1 Menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan novel
yang dibacakan
13.2 Menjelaskan alur peristiwa dari suatu sinopsis
novel yang dibacakan
4.2 Meresensi buku pengetahuan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.